Skip to main content

Featured

Bimtek Digital Marketing Sleman

 Digitalisasi usaha melalui pelatihan bimbingan teknis Digital Marketing untuk bisnis UMKM di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.  Tetap semangat mengikuti perkembangan teknologi informasi yang berguna untuk berubah menjadi lebih baik.  Terimakasih kepada pihak penyelenggara dari Dinas Kominfo Sleman yang mengadakan kegiatan di Hotel Next Yogyakarta.  Semoga bermanfaat. 

Kekurangan dan Kelebihan Web Builder Gratis

 Kekurangan web builder gratis

            Meskipun tidak semua web builder gratis sama, tapi berikut ini beberapa keterbatasan yang mereka miliki.

1.      Keterbatasan jumlah halaman

Kebanyakan web builder biasanya membatasi jumlah halaman yang bisa Anda buat. Sebagai contoh, mereka mungkin memperbolehkan Anda untuk mempublikasi sampai lima halaman saja. Sementara faktanya banyak website akan membutuhkan halaman lebih dari itu, dan untuk bisa memiliki halaman lebih Anda diharuskan menggunakan paket berbayar.

2.      Tanpa nama domain profesional

Web builder gratis kebanyakan tidak memperbolehkan Anda menggunakan URL sendiri. Mereka akan memberikan URL gratis yang tentu saja memiliki nama brand mereka pada URL mereka.

Contohnya jika Anda menggunakan Wix, nama domain Anda akan menjadi websiteanda.wix.com. Dengan begini website Anda akan terlihat kurang profesional.

3.      Konsumen sulit menemukan website Anda

Belum lagi permasalahan mengenai SEO website Anda. Sebagai contoh web builder gratis seperti Wix,  dengan Wix Anda mungkin akan mendapat website dengan tampilan yang sangat menarik. Karena Wix menggunakan sebuah teknologi untuk menampilkan content yang disebut AJAX. Teknologi ini cukup canggih dalam dunia web design tapi kekurangannya, search engine (mesin pencari) seperti Google tidak bisa membaca content website yang dibuat dengan AJAX. Artinya calon prospek atau konsumen Anda akan kesulitan untuk menemukan website Anda di search engine.

4.      website Anda disisipi iklan

Ini merupakan salah satu kekurangan terbsesar yang ada. Kebanyakan web builder gratis akan menyisipkan iklan pada halaman website Anda. Hal ini tidak bisa dihindari, tentu saja ini yang harus Anda bayar untuk menggunakan web builder mereka dengan cuma-cuma. Anda tidak harus membayar apapun tapi mereka akan menampilkan iklan kepada pengunjung website Anda. Dengan iklan yang muncul pada website, tentu hal ini bisa terlihat kurang profesional dimata calon klien atau konsumen Anda. Selain itu iklan juga bisa membuat pengunjung website untuk pergi dari website Anda ketika mereka justru tertarik dan mengklik iklan yang ada.

5.      Penyimpanan yg terbatas

Untuk yang satu ini, baik layanan berbayar maupun gratis tetap memiliki keterbatasan ruang penyimpanan dan bandwidth. Tapi bedanya, web builder gratis memiliki ruang penyimpanan yang jauh lebih sedikit. Anda mungkin hanya akan memiliki beberapa megabyte untuk menyimpan halaman dan gambar website. Dengan begini tentunya akan membatasi content dan kualitas gambar yang bisa Anda miliki.

6.      Dukungan customer service yang minim

Anda mungkin tidak akan mendapatkan fasilitas customer support dengan web builder gratis, hal ini sangat wajar mengingat Anda menggunakannya tanpa berbayar.

7.      Keterbatasan fitur lainnya

Web builder gratis membatasi berbagai fitur penting yang mungkin Anda sangat butuhkan. Apabila Anda memiliki online shop(ecommerce) tentunya akan membutuhkan SSL, website analytics, plugins, add-ons dan email resmi dengan nama domain.

D. Kelebihan web builder gratis

1.      Hemat Waktu dan Biaya

Web builder memiliki template website yang siap digunakan sehingga Anda tidak perlu repot membuat dari awal, tinggal memilih dan menggunakannya saja. Selain itu, banyak situs web builder yang menyediakan layanannya secara gratis dengan fitur-fitur terbatas tetapi sudah cukup memadai.

2.       Tidak Memerlukan Keterampilan Teknis

Mengelola web builder tidak memerlukan keahlian tinggi di bidang IT. Template yang disediakan kebanyakan ramah pengguna dan dapat diatur dengan mudah serta telah dilakukan automatisasi oleh situs tersebut.

3.       Lebih Praktis dan Mudah

Fitur di dalam web builder mudah digunakan. Karena penggunanya sangat banyak, Anda pun bisa mendapatkan tutorial penggunaannya dengan mudah dari grup-grup atau forum di internet. Web builder cocok bagi pemula yang membutuhkan website dibuat dengan cepat dan mudah.

4.       Fitur Beragam

Meskipun terbatas, fitur pada situs yang dibuat menggunakan web builder gratis cukup lengkap. Anda bisa memasukkan berbagai konten seperti tulisan, gambar, dan video, mengganti tema, dan memasang plug in gratis yang tersedia.

 

Comments

Popular Posts