Skip to main content

Featured

Bimtek Digital Marketing Sleman

 Digitalisasi usaha melalui pelatihan bimbingan teknis Digital Marketing untuk bisnis UMKM di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.  Tetap semangat mengikuti perkembangan teknologi informasi yang berguna untuk berubah menjadi lebih baik.  Terimakasih kepada pihak penyelenggara dari Dinas Kominfo Sleman yang mengadakan kegiatan di Hotel Next Yogyakarta.  Semoga bermanfaat. 

Pengenalan Bahasa Pemrograman Web Lengkap

 

Pengenalan Bahasa Pemrograman Web

HTML, XHTML, XML, CSS, Javascript, AJAX, PHP, JAVA, Python, Ruby on Rails, .NET.

1.      HTML

HyperText  Markup  Language

         (HTML)  adalah  sebuah bahasa  marka yang  digunakan untuk   membuat   sebuah halaman   web,   menampilkan   berbagai   informasi   di   dalam sebuah penjelajah  web Internet  dan  pemformatan  hiperteks  sederhana  yang  ditulis  dalam berkas  format  ASCII  agar  dapat  menghasilkan  tampilan  wujud  yang  terintegerasi.  Dengan kata  lain,  berkas  yang  dibuat  dalam  perangkat  lunak  pengolah  kata  dan  disimpan  dalam format ASCII normal   sehingga   menjadi halaman   web dengan perintah   HTML.

 Bermula  dari sebuah  bahasa  yang  sebelumnya  banyak digunakan  di  dunia  penerbitan  dan percetakan  yang  disebut  dengan SGML

(Standard  Generalized  Markup  Language),  HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat  ini  merupakan standar Internet yang  didefinisikan  dan  dikendalikan  penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). 

2.                                      2. PHP

         PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Prepocessor, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML.

PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun  1994.  Pada  awalnya  PHP  adalah  singkatan  dari  “Personal  Home  Page  Tools”. Selanjutnya diganti menjadi FI (“Forms Interpreter”). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah  menjadi “PHP: Hypertext Prepocessor” dengan singkatannya “PHP”.

PHP versi terbaru adalah versi  ke-5. Berdasarkan  survey  Netcraft  pada  bulan  Desember  1999,  lebih  dari  sejuta  site menggunakan PHP, di antaranya adalah NASA, Mitsubishi, dan RedHat.

3.                                      3. CSS (Cascading Style Sheet)

         Cascading  Style  Sheet  (CSS)  merupakan  salah  satu  bahasa  pemrograman  web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. 

Sama  halnya  styles  dalam  aplikasi  pengolahan  kata seperti  Microsoft  Word  yang dapat ,mengukur  beberapa  style,  misalnya  heading, subbab,  bodytext,  footer,  images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file).

         CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna  border,  warna  hyperlink, warna  mouse  over,  spasi  antar  paragraf,  spasi  antar    teks, margin atas, kiri, kanan,bawah, dan perimeter lainnya.

4.                                     4.  ASP

Active Server Pages (ASP) ialah pengaturan web yang digunakan untuk membina halaman web yang dinamik dan bersifat interaktif. Active server page adalah fasilitas yang diberikan Microsoft  untuk  memudahkan  pembuatan    aplikasi-aplikasi  Web Server. Hal  ini di mungkinkan     dengan     menggabungkan     komponen-komponen Hyper     Text     Markup Language (HTML)  dengan Visual  Basic Script (VBScript). Sehingga  di  dalam  sebuah  halaman Web  dengan  Active  Server  Page  terdapat bagian  HTML  dan  kode VBScript. 

ASP  diciptakan oleh  Microsoft  untuk  menjawab tantangan  pemrograman  web  dinamis,  di  mana  isi  dari sebuah  website  dapat  diprogram untuk  mendapatkan  hasil  yang  berbeda. Tidak  seperti HTML yang hanya menampilkan isi yang statis, ASP mampu menampilkan isi halaman yang berbeda sesuai dengan tujuan pemrogramannya. ASP telah mencapai versi 3.0 yang berjalan pada  platform Windows  2000  Professional  atau  Server. Versi  sebelumnya,  yaitu versi  2.0, dapat berjalan pada platform lain seperti Linux, Solaris, OS/2, dan Novell.

5.                                     5.  XML

XML (Extensible  Markup  Language)  adalah bahasa  markup untuk  keperluan umum yang disarankan   oleh W3C untuk   membuat   dokumen   markup   keperluan   per-tukaran   data antar sistem yang   beraneka   ragam. XML   merupakan   kelanjutan   dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet

6.                                   6.   WML

Wireless Markup Language (WML) adalah bahasa markup yang digunakan untuk mengimplementasikan  WAP. 

Dokumen  WML  berbasis  XML,  di  mana  versi 

Terbarunya adalah  versi  1.0.  WML  harus  mem-punyai  DTD  (Document  Type  Definition),  di  mana sekarang adalah versi 2.0.

7.                                    7.   JavaScript

JavaScript  adalah  bahasa  scripting  yang  handal  yang  berjalan  pada  sisi  client. 

JavaScript  merupakan  sebuah  bahasa  scripting  yang    dikembangkan  oleh  Netscape. 

Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

8.                                     8.  jQuery

jQuery adalah pustaka    JavaScript kecil bersumber  terbuka yang menekankan pada interaksi  antara JavaScript dan HTML.  Pustaka  ini  dirilis  pada  Januari 2006 di BarCamp NYC oleh

John   Resig dan   berlisensi   ganda   di   bawah MIT dan GPL. Microsoft dan Nokia telah mengumumkan akan mengemas jQuery di platform mereka. Microsoft awalnya mengadopsinya  dalam Visual  Studio untuk  digunakan  dalam ASP.NET  AJAX dan ASP. NET MVC Framework, sedangkan  Nokia  akan  mengintegrasikannya  dalam  kerangka Web  Run-Time

mereka.

9.                                  9. Python dan Ruby

            Ketika Anda ingin meningkatkan eksposur online usaha Anda, memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk pengembangan web selalu merupakan tugas yang menantang. Sejumlah bahasa tingkat lanjut tersedia saat ini masing-masing dengan fitur dan keunggulan unik. Python dan Ruby menonjol dalam daftar karena keduanya adalah bahasa sumber terbuka yang dapat diakses secara gratis tanpa biaya apa pun. Mereka terlihat sangat mirip secara visual dan berjalan pada pengkodean tingkat tinggi dengan konsep berorientasi objek. Ada banyak kesamaan untuk kedua bahasa ini dan begitu juga perbedaannya yang mencolok, terutama dalam cara mereka memecahkan masalah. Namun, apakah itu untuk layanan web, aplikasi berbasis web, atau untuk mengembangkan situs web pesaing, bahasa-bahasa ini terbukti menjadi pilihan yang tepat. Dan sekarang ini menyebabkan dilema apakah akan menggunakan Python atau Ruby untuk membangun platform untuk bisnis Anda.

Ada banyak area yang harus dipertimbangkan sebelum Anda membuat keputusan akhir apakah akan menggunakan pengembangan web Python atau pengembangan web Ruby on Rails. Mereka berjalan dengan sintaks dan filosofi yang sangat berbeda. Di sini kita dapat melihat bagaimana Python berbeda dari Ruby dalam perannya sebagai bahasa pemrograman pengembangan web yang baik.

1.      Kurva Pembelajaran:

            Saat memilih bahasa pengembangan web, kurva pembelajarannya sama pentingnya seperti efisiensinya. Bahasa dengan kode yang bersih akan mudah dimengerti dan itu membuat Python menjadi yang teratas dalam daftar bahasa dengan kurva belajar terbaik. Ruby dapat ditangani oleh seorang programmer yang memiliki kemahiran dalam dua atau tiga bahasa lain tetapi kesederhanaan sintaks telah membuat Python menjadi pilihan terbaik untuk pemula. Pemrogram hampir tidak perlu mengingat sintaks apa pun yang menyerupai kode semu dan struktur kode eksplisit membuatnya mudah untuk di-debug.

 

2.      Pendekatan pemecahan masalah:

            Python memiliki mode pemecahan masalah langsung sedangkan untuk Ruby lebih ajaib. Semuanya dibuat jelas untuk programmer Python dan mereka mendapatkan ide yang jelas tentang apa yang mereka sukai. Ini memudahkan mereka untuk mempelajari seni coding dan pada saat yang sama membantu mereka memperbaiki bug dengan baik juga. Ruby lebih fleksibel dan programmer akan senang melakukan beberapa trik untuk menjalankan program yang terkadang tampak lebih ajaib dan tampaknya memberdayakan mereka. Tetapi pendekatan ini bisa merepotkan saat mereka harus duduk berjam-jam untuk melacak bug.

3.      Fitur dan fungsionalitas:

            Python adalah bahasa konservatif yang jauh lebih ketat dibandingkan dengan Ruby dengan keterbacaan kode yang lebih baik. Baik Ruby dan Python cepat dan efisien dalam banyak hal sementara yang pertama lebih ekspresif dan elegan juga. Ruby menjalankan filosofi 'melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit' sementara filosofi Python adalah 'melakukan sesuatu dengan cara yang benar'. Python membanggakan sistem tipe dinamis dan bekerja dengan baik dengan hampir semua sistem operasi utama. Ruby dikenal dengan kecepatan dan adaptasinya dan membutuhkan langkah-langkah minimal untuk mengatur segalanya di sebagian besar kasus sementara mitranya memberi jalan untuk lebih banyak opsi penyesuaian.

4.      Kegunaan:

            Ruby adalah pilihan ideal untuk membangun situs dengan lalu lintas tinggi dan kompleks yang dirancang menggunakan struktur pencocokan pola. Lebih dari itu, Python berfungsi baik untuk situs yang banyak datanya dan yang dirancang dengan lebih banyak perhitungan. Faktanya, ilmuwan data menggunakan bahasa ini untuk analisis data dan prototipe. Itu dikirimkan dengan penerjemah langsung yang berbasis teks yang membantu pengguna untuk belajar pengkodean saat bepergian dengan umpan balik langsung. Karena sumber daya mudah tersedia di internet, Python memberikan keramahan pemula yang lebih baik yang tidak demikian halnya dengan Ruby dan pembaruan yang lebih jarang membuatnya lebih nyaman digunakan.

5.      Web frameworks:

            Aplikasi web menggunakan Python dibangun menggunakan Django sedangkan Ruby menggunakan Rails untuk mengaturnya. Kedua kerangka kerja open source tepercaya dan bereputasi ini berjalan pada konsep seperti pengontrol, tampilan, model, dan migrasi basis data tetapi berbeda dalam cara implementasinya. Dalam hal perpustakaan, Rubygems adalah repositori Ruby dan Python menggunakan Indeks Paket. Django menampilkan desain pragmatis dan mempromosikan pengembangan yang cepat. Python juga berjalan pada kerangka kerja terkenal lainnya seperti Flask dan Piramida. Pengembang web tidak banyak mengeluh tentang fungsionalitas dari dua kerangka kerja yang kuat ini.

6.      Komunitas:

            Komunitas yang beragam adalah kekuatan Python dibandingkan dengan Ruby. Tentu saja, komunitas Ruby berkembang dengan diperkenalkannya Rails tetapi tidak dapat mempertahankan keragaman seperti Python. Komunitas Python telah berupaya keras untuk memberikan dokumentasi yang baik dengan deskripsi bahasa Inggris sehingga memudahkan pemula untuk mengejar ketinggalan dan 'Doc Strings' membantu mereka mengaksesnya tanpa waktu pencarian. comp.lang.python cukup aktif sepanjang waktu dan komunitas Ruby tersedia online dan offline.

7.      Popularitytas:

            Python diperkenalkan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991 sedangkan Ruby datang hanya 4 tahun kemudian pada tahun 1995 dan bahasa itu diajukan oleh Yukihiro Matsumoto. Beberapa situs web terkenal yang dibangun dengan Ruby-on-Rails termasuk Hulu, Groupon, Airbnb, Shopify, Apple, Twitter, dan Github. Python jauh lebih populer dengan situs web dan aplikasi teratas dalam daftar yang mencakup raksasa mesin pencari Google, Pinterest, Instagram, Mozilla Firefox, Washington Post, dan National Geographic.

8.      Keuntungan Utama:

            Kemudahan penggunaan inilah yang membuat Python menonjol dari bahasa lain. Ini memiliki dukungan dari sejumlah sumber daya terpercaya dan pengembang merasa jarang terjebak dengan proyek apa pun. Manfaat lainnya termasuk sifatnya yang mudah ditangani, fleksibilitas, integrasi yang mudah, kemampuan pemrosesan yang cepat, dan kinerja tak tertandingi yang meningkatkan kenyamanan dan produktivitas secara keseluruhan. Analisis kelayakan proyek dapat dilakukan lebih cepat dengan Ruby dan perspektif pengembang dapat dimanfaatkan dengan lebih baik. Ini disebut sebagai teknologi hemat biaya dan sebenarnya menghemat banyak waktu juga jika semuanya beres pada langkah pertama. Dan Anda dapat menggunakan elemen aplikasi khusus saat ini dalam proyek Anda yang akan datang tanpa perlu repot membuat yang baru.

10.  .NET

        Apa Itu .NET?

            .NET sendiri merupakan software development platform yang menyediakan berbagai framework atau kerangka kerja yang disediakan oleh Microsoft untuk pengembangan perangkat lunak. Software development platform sendiri merupakan platform yang menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak, mulai dari kerangka kerja (framework) sampai dengan proses eksekusinya (runtime). Sebagai platform, .NET menyediakan beberapa kerangka kerja untuk membuat berbagai jenis aplikasi seperti aplikasi webmobiledesktop, sampai dengan aplikasi IoT atau Artificial Intelegence.

            Seperti halnya sebuah kerangka yang membatasi bentuk suatu benda, maka jenis aplikasi apa saja yang bisa kita kembangkan, nantinya juga akan terbatas tergantung dari kerangka kerja .NET yang kita pilih. Begitu pula, ketika kita sudah memilih salah satu dari beberapa kerangka kerja yang disediakan .NET, konsekuensinya kita tidak bisa membuat aplikasi di luar kerangka kerja dari implementasi tersebut.

            Misalnya ketika memilih ASP.NET sebagai kerangka kerja, kita hanya bisa mengembangkan aplikasi berbasis web seperti mengembangkan Web API. Ketika memilih Xamarin, kita hanya bisa mengembangkan aplikasi berbasis mobile. Begitu juga ketika memilih Windows Form atau WPF, kita hanya bisa mengembangkan aplikasi desktop di sistem operasi Windows.

Comments

Popular Posts